Syarat dan Ketentuan Dhapat untuk Mengirim Uang

1. PENDAHULUAN

1.1. Layanan pengiriman uang Dhapat (“Layanan”) tersedia melalui jaringan agen Dhapat, delegasi resmi, atau entitas lain yang diizinkan (“Agen”). Syarat dan ketentuan ini termasuk Dokumentasi (didefinisikan dalam ketentuan 1.2) yang digunakan untuk Layanan (dimana Syarat dan Ketentuan dapat disertakan atau dilampirkan), adalah merupakan keseluruhan perjanjian (“Perjanjian”) antara PT. Dhanapatra Loka Abadi (Dhapat) dan Anda, pengguna perorangan dan / atau korporat dari Layanan (“Anda” atau “Pengirim”).

1.2. Anda harus membaca, melengkapi sepenuhnya, dan menandatangani setiap dan semua dokumentasi (yang mungkin dalam bentuk kertas atau elektronik) terkait dengan dengan transfer, termasuk semua formulir, kwitansi, dan pengakuan (secara bersama-sama disebut “Dokumentasi”), dan mengonfirmasi bahwa informasi yang terkandung dalam Dokumentasi adalah lengkap dan akurat untuk menggunakan Layanan. Jika tidak, kami mungkin tidak dapat mengirim uang (“Transfer”). Anda harus memberitahu kami jika salah satu informasi yang Anda berikan berubah sebelum pihak penerima (“Penerima”) mencairkan uang.

1.3. Dengan menggunakan atau berupaya menggunakan Layanan, dalam kapasitas apa pun Anda mengakui bahwa Anda (i) menerima syarat-syarat dalam Perjanjian ini, (ii) telah membaca Dokumentasi terkait Transfer dan bahwa (iii) informasi yang dijelaskan dan/atau sebagaimana disediakan oleh Anda pada Dokumentasi yang berkaitan dengan Transfer adalah akurat.

1.4. Perjanjian ini dan Layanan memungkinkan Anda melakukan Transfer ke Penerima dan memungkinkan mereka untuk menerima ke rekening bank mereka atau jenis pembayaran lainnya akun fisik atau virtual, misalnya akun dompet seluler (layanan “tunai ke akun”). Syarat dan Ketentuan ini berlaku untuk jenis layanan di atas, kecuali jika kami mengatakannya berlaku juga untuk layanan-layanan tertentu dengan mengesampingkan yang lain.

1.5. Kami tidak menawarkan Layanan di semua negara. Anda dapat menghubungi kami, mengunjungi situs web kami atau bertanya kepada Agen untuk mengetahui ketersediaan Layanan kami, dan alamat serta waktu buka lokasi yang menawarkan Layanan.

2. BIAYA DAN NILAI TUKAR MATA UANG

Anda harus membayar kami sejumlah yang tercantum di dalam formulir. Untuk transfer ini Anda tidak akan dikenakan biaya-biaya lain. Anda hanya dapat mengirim uang dalam mata uang atau beberapa mata uang tertentu. Perwakilan layanan Dhapat akan memberitahu Anda mengenai ketersediaan mata uang penerimaan di lokasi perwakilan layanan tertentu di negara penerima, dan (jika berbeda dengan mata uang Anda bayar kepada kami) nilai tukar yang akan berlaku. Mata uang pilihan Anda, nilai tukarmata uang yang disetujui dan jumlah yang dikonversikan akan dinyatakan di dalam formulir.

3. PEMBATASAN TRANSFER

Jumlah uang yang dapat Anda kirim memiliki beberapa keterbatasan. Perwakilan layanan Anda akan, sebagaimana yang dibutuhkan, memberitahukannya. Kami dapat menolak mengirim uang atau mengizinkan uang tersebut diambil jika kami meyakini bahwa: (a) melakukan hal tersebut mungkin akan melanggar hukum, peraturan, undang-undang atau kewajiban lain yang berlaku kepada kami; (b) melakukan hal tersebut mungkin akan mengakibatkan pemerintah atau Lembaga yang berwenang mengambil tindakan kepada kami; atau (c) hal tersebut mungkin terkait dengan kegiatan penipuan atau kegiatan yang melanggar hukum.

4. PEMBATALAN DAN PEMBAYARAN KEMBALI TRANSFER

Kami mungkin dapat membatalkan Transfer sebelum Penerima mengambil atau menerima uang. Jika Anda ingin membatalkan Transfer dan meminta pengembalian uang sejumlah Transfer sebelum Penerima menerima uang, Anda dapat meminta Agen atau menulis surat kepada kami dengan melampirkan salinan formulir yang telah diisi. Kami berusahan untuk memproses permintaan tersebut dengan segera, tetapi dalam hal apapun selama masih dalam 30 hari.

5. KETENTUAN TAMBAHAN UNTUK TRANSFER TUNAI KE REKENING

5.1.Kami akan mengirimkan uang ke rekening yang Anda tentukan dalam formulir. Untuk informasi mengenai kapan pembayaran akan dikreditkan ke rekening tersebut, Anda perlu menghubungi penyedia rekening Penerima.

5.2. Penyedia rekening Penerima dapat menerapkan biayanya sendiri pada Transfer, yang tidak melibatkan kami.

5.3. Jika Anda meminta kami untuk mengirim uang ke rekening dan Transfer tidak dilakukan dengan benar atau tidak sampai, kami akan segera mengembalikan uang Anda termasuk biaya kami – kecuali kami dapat menunjukkan bahwa pemberi informasi rekening telah menerima uang atau bahwa terdapat kesalahan dalam informasi akun pihak penerima yang Anda berikan kepada kami sebagaimana diperlukan untuk melakukan Transfer. Jika informasi yang Anda berikan kepada kami tentang Penerima tidak benar, dan kami telah melakukan Transfer berdasarkan informasi tersebut, kami akan anggap telah melakukan Transfer dengan benar tetapi kami akan tetap melakukan Upaya yang wajar untuk mengembalikan dana untuk Anda, dan apabila Anda memintanya kami, kami akan memberi Anda informasi yang tersedia dan relevan untuk membantu proses klaim pembayaran kembali atas dana Anda.

5.4. Anda akan memastikan bahwa informasi yang diberikan dalam Instruksi Pembayaran akurat dan bebas dari kesalahan. Dhapat tidak bertanggung jawab atas Transaksi yang salah arah yang mengakibatkan ketidakakuratan atau kesalahan dalam informasi yang diberikan oleh Anda. Namun, dalam kasus seperti itu, Dhapat akan menggunakan upaya yang wajar untuk memulihkan dan mengembalikan Jumlah Pokok yang salah sasaran itu.

5.5. Dhapat akan melakukan upaya yang wajar untuk memfasilitasi permintaan pembatalan Transaksi oleh Anda. Namun demikian, Anda setuju bahwa Anda tidak dapat membatalkan Transaksi jika telah dicairkan atau dikonsumsi oleh Penerima.

5.6. Jika Dhapat meminta informasi tambahan tentang Pengirim dan, jika Pengirim adalah suatu Entitas Korporat, Direktur, dan UBO-nya, Anda akan, dalam waktu 48 jam sejak menerima permintaan tersebut, menyediakan informasi yang akses kepada informasi itu dimiliki secara wajar dan diizinkan secara hukum untuk dibagikan. Anda mengakui bahwa mungkin perlu menghubungi Pengirim untuk mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan oleh Dhapat

6. TANGGUNG JAWAB KAMI

6.1.Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda jika kami melanggar Perjanjian ini karena: (i) keadaan yang tidak terduga di luar kendali kami dimana kami tidak dapat menghindari pelanggaran Perjanjian ini meskipun semua Upaya yang bertentangan – hal ini dapat mencakup, misalnya, keterlambatan atau kegagalan yang disebabkan oleh aksi industri, masalah teknis dengan sistem atau jaringan lain, kerusakan mekanis atau kegagalan pemrosesan data; atau (ii) kewajiban kami berdasarkan undang-undang yang berlaku bagi kami dan/atau Layanan.

6.2. Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda sejumlah lebih dari uang yang anda kirim, tunduk pada hukum Indonesia. Kami tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian yang tidak disengaja, tidak langsung, atau karena akibat tertentu atau biaya-biaya yang anda tanggung atau, karena perjanjian ini dibuat dengan Anda sebagai pelanggan, setiap kerugian bisnis atau biaya (seperti hilangnya keuntungan atau peluang bisnis).

6.3. Layanan kami diperuntukkan bagi orang yang telah berusia 17 tahun ke atas dan tidak boleh digunakan untuk tujuan escrow atau trust atau perjudian, dan hanya boleh digunakan untuk tujuan yang sah. Mohon dibaca juga mengenai peringatan penipuan pada bagian atas formulir ini. Kami tidak bertanggung, dalam hal Anda menginstruksikan kami untuk mengirimkan uang kepada seseorang yang ternyata telah menipu Anda, atau yang gagal memenuhi kewajibannya kepada Anda

7. PERSYARATAN LAIN

7.1. Kami akan melaporkan transfer uang kepada pemerintah yang berwenang jika kami diwajibkan oleh hukum.

7.2. Layanan kami sama sekali tidak pernah mengharuskan Anda atau penerima untuk memiliki “simpanan” atau rekening simpanan pada kami (atau perusahaan lainnya yang membantu transfer uang, kecuali bank penerima untuk transfer tunai ke rekening.

7.3. Persyaratan ini telah dibuat dalam bahasa Indonesia, yang akan menjadi bahasa yang mengatur untuk semua tujuan. Jika terjadi pertentangan antara Perjanjian versi bahasa Indonesia dan Perjanjian versi terjemahan manapun, Perjanjian versi bahasa Indonesia akan berlaku dan kami akan berkomunikasi dengan Anda dalam bahasa Indonesia.

8. PRIVASI DATA

Pemberitahuan ini berlaku untuk informasi pribadi yang dikumpulkan PT. Dhanapatra Loka Abadi tentang Anda dan penerima. Informasi yang kami kumpulkan dan gunakan bergantung pada produk atau layanan yang Anda miliki bersama kami, termasuk namun tidak terbatas pada, informasi kontak dan informasi identifikasi. Kami dapat membagikan informasi yang kami kumpulkan dari Anda kepada pihak ketiga, termasuk perusahaan afiliasi, untuk memproses transaksi Anda, memasarkan produk dan layanan kami kepada Anda, mendeteksi dan mencegah penipuan dan aktivitas ilegal lainnya, seperti aktivitas pencucian uang, atau untuk bekerjasama dalam investigasi kriminal atau pemerintah, sesuai dengan hukum yang berlaku. Selain itu, informasi pribadi yang kami kumpulkan dapat ditransfer ke luar negara tempat pengumpulan untuk transfer internasional dan untuk diproses.

9. KELUHAN

Kami berkomitmen agar Saudara menerima layanan berkualitas tinggi dari kami. Dalam hal Saudara tidak puas dengan Layanan kami atau meyakini bahwa suatu kesalahan terjadi pada Transfer Saudara, silakan hubungi kami secepatnya. Untuk informasi lebih rinci mengenai prosedur keluhan atau perlindungan konsumen, atau untuk mengajukan keluhan, Saudara dapat: a) menghubungi kami di 021 - 71794855; b) mengirimkan surat elektronik kepada kami di contact@dhanapatra.co.id; atau c) menulis surat kepada : PT. Dhanapatra Loka Abadi, Jl. Cilandak Tengah N.36 Cilandak Barat Cilandak Jakarta Selatan 12430 Indonesia.

10. Bank Indonesia mengawasi Penyedia Jasa Pembayaran berizin di Indonesia, termasuk PT. Dhanapatra Loka Abadi. Layanan tersebut di atas diselenggarakan oleh PT. Dhanapatra Loka Abadi dan juga tersedia melalui mitra – mitra PT. Dhanapatra Loka Abadi.

Pembaharuan terakhir: 1 Oktober 2024
Dhapat Terms and Conditions for Sending Money

1. INTRODUCTION

1.1. The Dhapat money transfer service (“Service”) is available through Dhapat’s network of agents, authorized delegates or other permitted entities (“Agents”). These Terms and Conditions along with the Documentation (defined in condition 1.2) used for the Service (to which the Terms and Conditions may be included or attached), constitute the entire agreement (“Agreement”) between PT. Dhanapatra Loka Abadi and you, the individual user and/or corporate user of the Service (“you” or “Sender”).

1.2. You must review, fully complete and sign any and all documentation (which may be in paper or electronic form) related to the transfer, including all forms, receipts and acknowledgements (collectively the “Documentation”), and confirm that the information contained in the Documentation is complete and accurate to use the Service. If you do not, we may not be able to send the money (“Transfer”). You must inform us if any of the information you provide changes before the recipient (“Receiver”) collects the money.

1.3. By using or attempting to use the Service in any capacity you acknowledge that you (i) accept the terms of this Agreement. (ii) have read the Documentation relating to the Transfer and that (iii) the information described and/or as provided by you in the Documentation relating to the Transfer is accurate.

1.4. The Agreement and the Service allows you to send a Transfer to a Receiver and allows them to receive into their bank account or other type of physical or virtual account, for example a mobile wallet account (“cash to account” service) These Terms and Conditions apply to this type of services except where we say they apply to a particular service(s) to the exclusion of the other(s).

1.5. We do not offer the Service in all countries. You can call us, visit our website or ask any Agent to find out the availability of our Service, and addresses and opening times of locations offering the Service.

2. CHARGES AND CURRENCY EXCHANGE

You must pay us the fee stated in the form. We will not charge you any other fee for the Transfer. You can only send money in a certain currency or currencies. Dhapat’s officer will tell you whether a payout currency is available in the receive country and (if different to the currency in which you pay us) what exchange rate will apply. Your chosen currency, the agreed exchange rate and the converted amount will be stated in the form.

3. RESTRICTIONS ON TRANSFERS

There are limits on the amount you are able to send. The Agent will, as necessary, tell you what they are. We may refuse to send the money or allow it to be collected if we reasonably believe that: (a) by doing so we might break any law, regulation, code or other duty that applies to us; (b) doing so may expose us to action from any government or regulator; or (c)in may be linked with fraudulent or illegal activity

4. CANCELLING AND REFUNDING A TRANSFER

We may be able to cancel the Transfer before the Recipient collect or receives the money. If you wish to cancel the Transfer and request a refund of the Transfer amount before the Receiver collects the money, you can ask an Agent or write to use enclosing a copy of your completed form. We aim to process such requests promptly but in any case within 30 days.

5. ADDITIONALS CONDITIONS FOR CASH TO ACCOUNT TRANSFERS

5.1. We will send the money to the account you specify in the form. For information on when a payment will be credited to such an account, you need to cantact the Receiver’s account provider.

5.2. The Receiver’s account provider may apply its own charges to the Transfer, which do not involve us.

5.3. If you ask us to send money to an account and the Transfer was not made properly or never arrived, we will promptly refund your money and our fee – unless we can show that the account provider received the money or that there was a mistake in the Receiver’s account details that you gave us which were required to successfully effect the Transfer. If the information you gave us about the Receiver was incorrect, and we made the transfer based on that information, we will be deemed to have made the Transfer properly but we will still make reasonable efforts to recover the funds for you and, if you ask us to, we will provide you with available and relevant information to help you claim repayment of the funds.

5.4. You shall ensure that the information provided in Payment Instructions is accurate and error-free. Dhapat shall not be liable for any Transaction that is misdirected resulting an inaccuracy or error in the information provided by You. However, in such cases Dhapat shall use reasonable efforts to recover and return misdirected Principal Amounts.

5.5. Dhapat shall make reasonable efforts to facilitate a request for cancelation of a Transaction by You. Nevertheless, You agrees that it cannot cancel a Transaction if it has been cashed out or consumed by a Beneficiary.

5.6. Should Dhapat request additional information on the Sender and, where the Sender is a Corporate Entity, their Directors and UBOs, You shall, within 48 hours of receipt of such a request, provide such information as it has reasonable access to and is legally permitted to share. You acknowledges that it may need to contact the Sender in order to acquire the additional information required by Dhapat.

6. OUR LIABILITY

6.1. We will not be liable to you if we break this Agreement due to: (i) unforeseeable circumstances outside our control where we could not avoid breaking this Agreement despite all efforts to the contrary – this may include, for example, delays or failures caused by industrial action, technical problems with another system or network, mechanical breakdown or data-processing failures; or (ii) our obligations under laws applicable to us and/or the Service.

6.2. We are not liable to you for more than the amount of money you send and our fee. We will not be liable for any incidental, indirect, special or consequential losses or costs you suffer or, as this Agreement is made with you as a consumer, any business losses or costs (such as loss of business profits or opportunities).

6.3. Our Service is for persons 17 years and over and may not be used for escrow or trust or gambling purposes, and may only be used for a lawful purpose. Please also read the fraud warnings on the form. If you ask us to pay someone who turns out to have defrauded you, or who fails to meet their obligations to you, we will not be liable as a result.

7. OTHER TERMS

7.1. We will report money transfers to any government authorities if we are required to do so by law.

7.2. The Transfer and use of our Service does not involve you or the Receiver having a “deposit” or an account with MoneyGram.

7.3. These conditions have been prepared in Indonesian language, which shall be the governing language for all purposes. In the event of any conflict between the Indonesia version of the Agreement and any translated version of the Agreement, the Indonesian version of the Agreement shall govern and we will communicate with you in Indonesian language.

8. DATA PRIVACY

This notice applies to personal information that PT. Dhanapatra Loka Abadi collects about you and the Receiver. The information we collect and use, depend on the productor service you have with us, including but not limited to, contact information and identification information. We may share the information we collect from you with third-parties, including affiliated companies, to process your transactions, market our products and services to you, detect and prevent fraud and other illegal activities, such as money laundering activities, or to cooperate with criminal or government investigations, in accordance to applicable laws. In addition, the personal information we collect may be transferred outside the country of collection for international transfers and for processing.

9. CONTACT DETAILS AND CUSTOMER SERVICE INFORMATION

We are commited to ensuring that you receive high quality service from us. In the event that you are dissatisfied with our Service or believe an error has occurred with your Transfer, please contact us as soon as possible. For full details of our complaints procedure or consumer protection advice, or to submit a complaint, you can: a.) call us at 021 – 71794855; b.) send an email to us at: contact@dhanapatra.co.id; or c.) write to: PT. Dhanapatra Loka Abadi, Jl. Cilandak Tengah N.36 Cilandak Barat Cilandak Jakarta Selatan 12430 Indonesia.

10. Bank Indonesia regulates licensed payment service providers in Indonesia, including PT Dhanapatra Loka Abadi. The Service is provided by PT. Dhanapatra Loka Abadi. and also available through our partner(s).

Last update: Oct 1, 2024